Jenis laporan keuangan yang banyak digunakan oleh
perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki beberapa perbedaan tersendiri
sesuai dengan fungsinya. Masing-masing perusahaan memiliki beberapa aspek yang
pengaruhi kondisi bisnis perusahaan. Untuk melihat keadaan tersebut, salah satu
cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan laporan keuangan. Berikut ini
adalah beberapa jenis laporan keuangan yang biasa digunakan oleh
perusahaan-perusahaan di Indonesia.
perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki beberapa perbedaan tersendiri
sesuai dengan fungsinya. Masing-masing perusahaan memiliki beberapa aspek yang
pengaruhi kondisi bisnis perusahaan. Untuk melihat keadaan tersebut, salah satu
cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan laporan keuangan. Berikut ini
adalah beberapa jenis laporan keuangan yang biasa digunakan oleh
perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Jenis Laporan Keuangan Akuntansi
Laporan Laba Rugi (income Statement)
Dari laporan keuangan ini sudah
tentu berfungsi untuk memperlihatkan atau mengetahui besarnya keuntungan
atau kerugian yang dialami oleh perusahaan. Laporan ini juga dibuat dengan
tujuan untuk mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Hal
itu menjadi referensi sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan untuk mengetahui
tingkat efisien langkah yang diambil perusahaan.
tentu berfungsi untuk memperlihatkan atau mengetahui besarnya keuntungan
atau kerugian yang dialami oleh perusahaan. Laporan ini juga dibuat dengan
tujuan untuk mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Hal
itu menjadi referensi sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan untuk mengetahui
tingkat efisien langkah yang diambil perusahaan.
Pada dasarnya laporan ini terdiri
dari dua bentuk yaitu single step dan multiple step. Dalam laporan single step,
alur dan pengelompokan akun lebih mudah karena setiap pendapatan dan keuntungan
diletakkan di awal laporan. Setelah itu diikuti dengan keseluruhan biaya atau
beban yang ditanggung atau dikeluarkan oleh perusahaan. Selisih yang muncul
antara pendapatan dan total beban yang akan menunjukkan perusahaan mengalami
keuntungan atau kerugian.
dari dua bentuk yaitu single step dan multiple step. Dalam laporan single step,
alur dan pengelompokan akun lebih mudah karena setiap pendapatan dan keuntungan
diletakkan di awal laporan. Setelah itu diikuti dengan keseluruhan biaya atau
beban yang ditanggung atau dikeluarkan oleh perusahaan. Selisih yang muncul
antara pendapatan dan total beban yang akan menunjukkan perusahaan mengalami
keuntungan atau kerugian.
Pada laporan laba rugi multiple
step, pelapor harus memisahkan transaksi non-operasional dan operasional dan
membandingkan beban dan biaya pendapatan. Dalam laporan bentuk ini, laba
operasional akan memperlihatkan perbedaan yang terjadi antara aktivitas biasa
dan insidentil.
step, pelapor harus memisahkan transaksi non-operasional dan operasional dan
membandingkan beban dan biaya pendapatan. Dalam laporan bentuk ini, laba
operasional akan memperlihatkan perbedaan yang terjadi antara aktivitas biasa
dan insidentil.
Laporan Perubahan Modal
Pada tahap awal pembentukan atau
pendirian perusahaan, tentu membutuhkan modal awal untuk mengoperasikan
perusahaan. Jumlah modal awal tersebut tentunya akan berubah sesuai dengan
kinerja masing-masing perusahaan. Misalkan dalam periode tertentu perusahaan
mengalami kerugian, maka secara otomatis modal yang dimiliki oleh
perusahaan akan berkurang. Sebaliknya, jika perusahaan mendapatkan keuntungan
makan modal perusahaan akan bertambah.
pendirian perusahaan, tentu membutuhkan modal awal untuk mengoperasikan
perusahaan. Jumlah modal awal tersebut tentunya akan berubah sesuai dengan
kinerja masing-masing perusahaan. Misalkan dalam periode tertentu perusahaan
mengalami kerugian, maka secara otomatis modal yang dimiliki oleh
perusahaan akan berkurang. Sebaliknya, jika perusahaan mendapatkan keuntungan
makan modal perusahaan akan bertambah.
Jika dilihat secara umum, laporan
perubahan modal akan memberikan informasi tentang jumlah modal yang dimiliki
oleh perusahaan selama periode tertentu. Pengguna laporan ini dapat
melihat perubahan yang terjadi pada modal dan penyebab perubahan yang terjadi.
Untuk membuat laporan ini dibutuhkan data laba rugi perusahaan dalam satu
periode.
perubahan modal akan memberikan informasi tentang jumlah modal yang dimiliki
oleh perusahaan selama periode tertentu. Pengguna laporan ini dapat
melihat perubahan yang terjadi pada modal dan penyebab perubahan yang terjadi.
Untuk membuat laporan ini dibutuhkan data laba rugi perusahaan dalam satu
periode.
Neraca (Balance Sheet)
Secara umum, laporan ini bertujuan untuk melihat kondisi, posisi serta informasi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode. Pengguna laporan ini bisa melihat beberapa data penting seperti kewajiban, ekuitas, jumlah aset perusahaan, dan modal perusahaan. Dengan begitu secara keseluruhan memiliki tiga elemen yaitu aset, liabilitas dan ekuitas. Jika kembali pada prinsip dasar akuntansi bahwa laporan ini sangat berhubungan dengan rumus dasar akuntansi yaitu Aset = Liabilitas + Ekuitas.
Baca juga : Macam – Macam Software Akuntansi
Laporan Arus Kas (Cash Flow
Statement)
Jenis laporn keuangan ini juga sering disebut dengan laporan cash flows yang dibuat untuk menunjukkan besar aliran masuk dan keluar kas perusahaan. Selain itu laporan ini juga difungsikan sebagai indikator jumlah arus kas pada periode yang akan datang. Laporan arus kas juga berfungsi sebagai salah satu alat pertanggungjawaban arus kas yang masuk dan keluar dalam periode pelaporan.
Untuk melihat contoh alur kas masuk
dapat dilihat dari hasil pendapatan kegiatan operasional maupun dari pinjaman.
Sedangkan untuk alu kas keluar bisa dilihat dari beban biaya yang dikeluarkan
oleh perusahaan dalam berbagai kegiatan operasional dan investasi.
dapat dilihat dari hasil pendapatan kegiatan operasional maupun dari pinjaman.
Sedangkan untuk alu kas keluar bisa dilihat dari beban biaya yang dikeluarkan
oleh perusahaan dalam berbagai kegiatan operasional dan investasi.
Catatan Atas Laporan Keuangan
Untuk jenis laporan keuangan
yang terakhir ini, harus diketahui terlebih dahulu catatan laporan keuangan.
Sebenarnya jenis laporan ini memang masih asing karena banyak yang masih fokus
menggunakan laporan keuangan yang lainnya. Jenis laporan ini bisa lebih
membantu pengguna untuk memahami laporan keuangan secara keseluruhan.
yang terakhir ini, harus diketahui terlebih dahulu catatan laporan keuangan.
Sebenarnya jenis laporan ini memang masih asing karena banyak yang masih fokus
menggunakan laporan keuangan yang lainnya. Jenis laporan ini bisa lebih
membantu pengguna untuk memahami laporan keuangan secara keseluruhan.
Catatan atas laporan keuangan ini
disusun berdasarkan penjelasan yang lebih rinci tentang hal-hal yang tertulis
dalam jenis laporan keuangan lainnya. Selain itu, dalam laporan keuangan ini
juga disediakan alasan atau penyebab yang berkaitan dengan data yang termuat
dalam laporan keuangan.
disusun berdasarkan penjelasan yang lebih rinci tentang hal-hal yang tertulis
dalam jenis laporan keuangan lainnya. Selain itu, dalam laporan keuangan ini
juga disediakan alasan atau penyebab yang berkaitan dengan data yang termuat
dalam laporan keuangan.
Fungsi Laporan Keuangan
Sebagai alat mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan
Pada umumnya, perusahaan melakukan
aktivitas usahanya untuk melihat suatu perusahaan berjalan baik atau
sebaliknya. Jika menggunakan laporan laba rugi, pastinya perusahaan lebih mudah
untuk mengetahui kerugian atau keuntungan yang dialami oleh perusahaan. Jika
laba yang didapatkan oleh perusahaan sesuai atau bahkan lebih tinggi,
menunjukkan bahwa kinerja perusahaan telah bekerja dengan baik.
aktivitas usahanya untuk melihat suatu perusahaan berjalan baik atau
sebaliknya. Jika menggunakan laporan laba rugi, pastinya perusahaan lebih mudah
untuk mengetahui kerugian atau keuntungan yang dialami oleh perusahaan. Jika
laba yang didapatkan oleh perusahaan sesuai atau bahkan lebih tinggi,
menunjukkan bahwa kinerja perusahaan telah bekerja dengan baik.
Sebaliknya, jika laporan keuangan
menunjukkan perusahaan mengalami kerugian, maka menunjukkan bahwa ada salah
satu atau beberapa aspek yang harus diperbaiki. Perusahaan harus segera
melakukan evaluasi untuk mengetahui aspek apa saja yang harus diperbaiki.
menunjukkan perusahaan mengalami kerugian, maka menunjukkan bahwa ada salah
satu atau beberapa aspek yang harus diperbaiki. Perusahaan harus segera
melakukan evaluasi untuk mengetahui aspek apa saja yang harus diperbaiki.
Selain terlihat dari laporan laba rugi, mengetahui kinerja perusahaan juga bisa dilihat dari laporan keuangan yang lainnya. Dalam laporan keuangan akan menunjukkan kondisi perusahaan meliputi kas, piutang, total kas, dan modal perusahaan. Aspek-aspek tersebut akan memudahkan untuk mengetahui kondisi keuangan dalam keadaan sehat atau tidak sehat.
Baca juga : Macam – Macam Jurnal Akuntansi
Sebagai Dasar Untuk Menyusun Perencanaan Operasional Perusahaan
Sangat penting bagi perusahaan untuk
menyusun perencanaan keuangan, program kerja dan marketing agar operasional
sesuai dengan visi misi. Adapun dasar yang digunakan untuk menyusun aspek-aspek
tersebut adalah dengan menggunakan laporan keuangan. Dalam laporan keuangan
tersebut terdapat kondisi keuangan perusahaan sehingga memudahkan penyusunan.
menyusun perencanaan keuangan, program kerja dan marketing agar operasional
sesuai dengan visi misi. Adapun dasar yang digunakan untuk menyusun aspek-aspek
tersebut adalah dengan menggunakan laporan keuangan. Dalam laporan keuangan
tersebut terdapat kondisi keuangan perusahaan sehingga memudahkan penyusunan.
Jika tidak menggunakan laporan keuangan,
perusahaan akan susah untuk mengetahui kondisi keuangan secara nyata dan berapa
jumlah keuangan yang dimiliki. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa rencana
kerja perusahaan yang menyangkut keuangan tidak akan bisa ditentukan tanpa
informasi yang akurat.
perusahaan akan susah untuk mengetahui kondisi keuangan secara nyata dan berapa
jumlah keuangan yang dimiliki. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa rencana
kerja perusahaan yang menyangkut keuangan tidak akan bisa ditentukan tanpa
informasi yang akurat.
Sebagai dasar pengambilan keputusan
Untuk penjelasan fungsi ini tidak
jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya bahwa laporan keuangan akan
mempermudah dalam perencanaan. Selanjutnya perencanaan tersebut akan ditetapkan
sebagai sebuah keputusan manajemen dalam perusahaan. Jika tidak mengacu pada
laporan keuangan yang tepat dan akurat, maka sulit untuk mengambil keputusan
secara tepat. Oleh karena itu, laporan keuangan berfungsi untuk mengambil
keputusan secara tepat bagi perusahaan.
jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya bahwa laporan keuangan akan
mempermudah dalam perencanaan. Selanjutnya perencanaan tersebut akan ditetapkan
sebagai sebuah keputusan manajemen dalam perusahaan. Jika tidak mengacu pada
laporan keuangan yang tepat dan akurat, maka sulit untuk mengambil keputusan
secara tepat. Oleh karena itu, laporan keuangan berfungsi untuk mengambil
keputusan secara tepat bagi perusahaan.
Sebagai Pengendali Perusahaan
Untuk menghindari suatu kerugian,
sangat penting bagi manajemen perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja
sebagai proses pengendalian perusahaan. Dengan melalui laporan keuangan akan
terlihat gambaran keuangan yang mungkin akan terjadi dimasa mendatang.
sangat penting bagi manajemen perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja
sebagai proses pengendalian perusahaan. Dengan melalui laporan keuangan akan
terlihat gambaran keuangan yang mungkin akan terjadi dimasa mendatang.
Contohnya, jika pada akun piutang
usaha menunjukkan berapa piutang yang menunggak, tentu bagi perusahaan
akan harus segera melakukan tindakan antisipasi. Tindakan antisipasi
tersebut bertujuan agar piutang tersebut bisa dikendalikan sehingga tidak
menyebabkan kerugian. Contoh dari tindakan tersebut adalah meningkatkan volume
penagihan bagi para debitur atau dengan mengurangi penjualan kredit
perusahaan.
usaha menunjukkan berapa piutang yang menunggak, tentu bagi perusahaan
akan harus segera melakukan tindakan antisipasi. Tindakan antisipasi
tersebut bertujuan agar piutang tersebut bisa dikendalikan sehingga tidak
menyebabkan kerugian. Contoh dari tindakan tersebut adalah meningkatkan volume
penagihan bagi para debitur atau dengan mengurangi penjualan kredit
perusahaan.
Dengan beberapa fungsi tersebut,
laporan keuangan merupakan salah satu hal penting yang sangat bermanfaat bagi
perusahaan. Selain itu, buku laporan keuangan juga yang sebagai alat pertanggungjawaban bagi relasi
perusahaan seperti donatur atau pihak yang bekerjasama untuk melihat
perkembangan perusahaan. Jika pada sama generasi sebelumnya membuat laporan
keuangan adalah salah satu hal yang rumit, saat ini bagian keuangan bisa
menggunakan cara yang lebih mudah.
laporan keuangan merupakan salah satu hal penting yang sangat bermanfaat bagi
perusahaan. Selain itu, buku laporan keuangan juga yang sebagai alat pertanggungjawaban bagi relasi
perusahaan seperti donatur atau pihak yang bekerjasama untuk melihat
perkembangan perusahaan. Jika pada sama generasi sebelumnya membuat laporan
keuangan adalah salah satu hal yang rumit, saat ini bagian keuangan bisa
menggunakan cara yang lebih mudah.
Dengan hadirnya software akuntansi bagian keuangan bisa membuat laporan keuangan dengan lebih cepat dan akurat. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah finata. Finata dapat digunakan untuk membantu organisasi bisnis dalam membuat perencanaan, pembukuan, dan pengendalian kinerja.
Jenis laporan keuangan di atas bisa pula dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi yang mudah digunakan yaitu, Finata. Apalagi aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap dan mudah digunakan.
Comments
Post a Comment